TRANSLATE THIS BLOG

Saturday, May 1, 2010

Rekonsiliasi Permintaan dan Suplai Sumber Daya Manusia

Alternative tindakan untuk berbagai kondisi meliputi:


a. Tindakan terhadap adanya kekurangan suplai sumber daya manusia

Disaat proyeksi permintaan melebihi suplai, solusinya adalah pengangkatan lebih banyak karyawan.hal ini dapat menyebabkan perekrutan di sumber baru, pencarian kadidat secara lenih agresif, pelonggaran persyaratan masuk, dan perluasan pengkaryaan karyawan temporer atau sudah tua.

b. Tindakan terhadap adanya surplus suplai sumber daya manusia

Ketika suplai internal karyawan melampaui permintaan perusahaan, maka akan terjadi surplus karyawan ataupun kekurangan bahan baku. Tersedia beberapa alternative yang dapat diambiluntuk masalah kelebihan karyawan. Diantaranya; membekukan pengangkatan pegawai baru, pension muda, penciptaan pekerjaan, penurunan jabatan dan berbagi kerja.

c. Tindakan terhadap adanya permintaan dan suplai sumber daya manusia yang tinggi

Sekiranya terrjadi suplai dan permintaan yang tinggi terhadap tenaga kerja, maka alternative tindakan yang dapat diambil adalah melalui seleksi, penempatan dan promosi. Konsekuensinya, harus dilakukan upaya tertenu guna mencocokan karyawan yang tersedia dengan kebutuhan perusahaan dengan cara yang paling efektif.

d. Tindakan terhadap adanya permintaan dan suplai sumber daya manusia yang rendah

Perusahaan dengan suplai dan permintaan sumber daya manusia yang rendah haruslah menaruh perhatian khusus terhadap rencana perusahaan, karena hal ini menunjukan tingkat stagnasi pertumbuhan perusahaan. Karena pengembangan sumber daya manusia merupakan proses yang panjang, perusahaan seyogyanya memulai pengembangan sumber daya manusia lebih awal sekiranya terdapat prospek pertumbuhan dan perkembangan dalam permintaan terhadap sumber daya manusia di masa depan.

e. Alternative pengurangan biaya

0 comments:

Post a Comment