TRANSLATE THIS BLOG

Tuesday, December 27, 2011

Pengertian etika Berpenampilan


           Etika penampilan adalah suatu cara seseorang  dalam berpenampilan yang mencerminkan kepribadian yang baik bukan hanya fisik namun lebih kepada penampilan atau inner beauty. Jadi, Image merupakan lukisan diri yang kita tampilkan kepada orang lain. Orang sering kali tidak menyadari pentingnya kesan atau image ini. Keahlian atau keterampilan yang baik dan kualitas kerja yang tinggi memang sangat dibutuhkan. Akan tetapi kesan yang buruk bisa menutupi keahlian anda yang paling sempurna sekalipun. Image yang buruk dapat juga mempengaruhi penerimaan rekan kerja akan ide-ide dan permintaan-permintaan kita bahkan akhirnya karir kita bisa ternilai jelek dan dapat juga membuat kita kehilangan pekerjaan.
            Profesi sekretaris merupakan salah satu profesi yang mengutamakan penampilan tetapi bukan penampilan fisik saja melainkan inner beuty dari diri tersebut sangat berperan. Memang kecantikan bukanlah syarat mutlak, akan tetapi sekretaris harus tahu bagaimana cara harus menampilkan diri atau menempatkan diri dalam keadaaan tertentu (pekerjaan). Jika anda merupakan seorang sekretaris, anda menjadi sasaran empuk bagi orang-orang disekitar anda yang memang senang menilai orang lain. Terlihat jelas dalam kepribadian seorang sekretaris Bagaimana cara anda duduk, berdiri, berjalan,berbicara, berpakaian, dan merias diri dan makan atau mengangkat telepon dari atasan/ maupun rekan bisnis. Bagaimana anda memperhatikan kebersihan sampai kedisiplinan diri menjadi dasar penilaian bagaimana kepribadian anda.
            Respons positif atau negative dari orang tergantung dari image yang disampaikan, misalnya melalui cara berpakaian, sikap dan perbuatan, sopan santun, dan lain-lain. Relasi bisnis pimpinan anda bahkan mendapat kesan pertama akan perusahaan anda dari diri sekretarisnya. Anda diharapkan memiliki sifat positif  dan percaya diri, riang gembira, suka menolong yang dikombinasikan dengan penampilan bisnis yang rapi, bersih, dan konservatif. Sekretaris yang sukses sangat memperhatikan penampilan (inner beauty).

1 comments:

Muhammad Yahya said...

Thanks

Post a Comment