TRANSLATE THIS BLOG

Wednesday, November 18, 2009

Prinsip Manajemen



1. Pengertian prinsip
Ada berbagai asumsi mengenai pengertian prinsip. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut:
a.W.A Shrode
“Prinsip adalah hasil identifikasi melalui studi dan praktek dari aktivitas manajemen itu sendiri.”. bisa dikatakan “Prinsip adalah suatu hasil generalisasi yang telah diuji keabsahannya dan ternyata benar, serta dapat menjelaskan realitas sehingga mampu meramalkan apa yang akan terjadi dalam keadaan yang sama”.
b.Rue dan Byars
“Prinsip adalah sebuah dasar kebenaran atau hokum(A principle is a basic truth or law)”.
c.Kamus
“Prinsip adalah kebenaran yang menjadi pokok dasar pemikiran seseorang”.
d.Wikipedia
“Prinsip adalah suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum maupun individual yang dijadikan oleh seseorang/ kelompok sebagai sebuah pedoman untuk berpikir atau bertindak.
e.Pendapat Penyusun
“Prinsip adarah suatu pedoman yang digunakan sebagai acuan melakukan berbagai hal dan tindakan”.
2. Prinsip Umum Manajemen
Di bawah ini akan dikemukakan hasil-hasil penelitian dan penemuan para pakar akan prinsip:prinsip manajemen. Adapun hasilnya adalah sebagai berikut:
a.F.W Taylor
F. W Taylor pada tahun 1911 dalam bukunya yang berjudul “The Principles of Scientific Management”, menegaskan akan tugas baru manajemen keilmuan yang berdasarkan empat prinsip sebagai berikut :
1. Pengembangan ilmu yang benar
2. Pemilihan yang berdasarkan keilmuan dari setiap unsur pekerja.
3. Pendidikan yang ilmiah dan pengenbangan yang berdasarkan keilmuan.
4. Kerjasama kemitraan yang harmonis antara manakemen dengan setiap pekerja.
b.Henry  Fayol
Henry Fayol pada tahun 1949 dalam bukunya “General  dan Industrial Manajemen” megemukakan empat belas prinsip umum dari manajemen, yaitu:
1.Pembagian kerja (Division of work)
2.Wewenang dan tanggung jawab (Authority and responsibility)
3.Disiplin(Dicipline)
4.Kesatuan arah (Unity of command)
5.Kesatuan perintah (Unity of direction)
6.Mendahulukan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi (Subordination of individual interest to general interest)
7.Upah pegawai (Remurenation of personnel).
8.Sentralisasi (Centralization
9.Rantai berskala (Scalar chain line of authority)
10.Ketertiban (Order)
11.Keadilan (Equity)
12.Kestabilan masa kerja pegawai (Stability of tenure of personnel).
13.Inisiatf (Initiative)
14.Kesetian pada kelompok (Esprit de corps)
c. Penggolongan
Prinsip dari Fayol dapat kita golongkan menjadi 3 kelompok :                        -Kelompok Administrasi (Adminitration)
1.Wewenang atau kekuasaan
2.Disiplin
3.Kesatuan perintah
4.Kesatuan pengurusan
5.Sentralisasi
6.Rantai berskala
7.Penggajihan
8.Ketertiban
-Kelompok Hubungan Kemanusiaan(Human Relation)
1.Mendahulukan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi
2.Keadilan
3.Kestabilan masa kerja pegawai
4.Inisiatif
6.Kesetiaan pada kelompok
-Kelompok Efisiensi Produksi (Production Effeciency)
1. Pembagian kerja
d. Luther Gullick dan Lyndall Urwick
Luther Gullick dan Lyndall Urwick dalam “Papers on The Science of Administration”, mengembangkan prinsip-prinsip manajemen sebagai berikut :
1.Kesatuan perintah
2.Penggunaan staff
4.Pembagian departementalisasi berdasarkan tujuan proses, orang dan tempat
5.Kesatuan dan tanggung jawab
6.Rentangan atau pengawasan
7.Menempatkan orang sesuai struktur organisasi
e. James Moony dan Alan Relly
James Moony dan Alan Relly dalam bukunya “Onward Industry” mengemukakan pendapatnya atas prinsip-prinsip manajemen yang lebih sederhana :
1.Prinsip koordinasi : mempersatukan tindakan
2.Prinsip rantai berskala : menitikberatkan pada hierarki
3.Prinsip fungsional : mengorganisir tugas kedalam unit departemen
4.Prinsip pengadaan staff : membantu menyediakan nasehat dan informasi.

0 comments:

Post a Comment