TRANSLATE THIS BLOG

Tuesday, November 24, 2009

Resensi Buku Non-Fiksi



Resensi Buku Non Fiksi






1.      Judul Buku                  : Manajemen
2.      Nama Pengarang         : Maman Ukas
3.      Tahun Terbit                : 2006
4.      Nama Penerbit                        : Agnini Bandung
5.      Cetakan                       : Cetakan ke-4
6.      Cover Depan               : Ada tulisan MANAJEMEN Konsep, Prinsip dan Aplikasi Maman Ukas Penerbit Agnini Bandung beserta gambar situasi rapat dengan sampul berwarna hitam.
7.      Cover Belakang          : Ada ringkasan tentang isi buku.
8.      Kelebihan Buku          : Isinya cukup lengkap, sehingga pembaca tidak perlu lagi mencari referensi lain.
9.      Kekurangan Buku       : Konsep penataan tulisan yang membuat pembaca jenuh dalam membaca buku serta bahasa yang digunakan banyak yang menggunakan bahasa yang tidak baku dan rancu.
10.  Ukuran Buku              : 16cm x 24cm
11.  Harga Buku                 : Rp 40.000,00
12.  Jumlah Halaman          : 416 halaman
13.  Tebal Buku                  : 440 halaman
14.  Ringkasan Isi Buku     :
            Dijelaskan bahwa ilmu manajemen dikemukakan pertama kali oleh Henry R, Towne yang kemudian diakui oleh Frederick Winslow Taylor dengan diterbitkannya buku yang berjudul “ Principles of Scientific Management” pada tahun 1911. Adapun pengertian manaajemen adalah kata benda yang menunjukan sistem dan proses pengelolaan, pelatihan dan pemimpin dalam organisasi. Dalam menggunakan tugas-tugas menejemn dalam prakteknya membutuhkan prinsip-prinsip umum manajemen. Menrut Henry Fayol dalam bukunya “General and Industrial Management” mengemukakan 14 prinsip umum manajemen, yaitu: pembagian kerja, wewenang dan tanggung jawab, disiplin, kesatuan arah, kesatuan perintah, mendahulukan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi, upah pegawai, saentralisasi, rantai berskala, ketertiban, keadilan, kestabilan masa kerja pegawai, innisiatif dan kesetiaan pada kelompok. Manajemen yang baik sangat diperlukan oleh seorang manajer. Manajer profesional bersifat memperbaiki orang lain atau dapat dikatakan bawahannya. Sebagai tonggak utama dalam proses manajemen seorang manajer profesional harus mempunyai kemampuan untuk mendapatkan parisipasi dari bawahannya. Manajer yang berhasil mempunyai sifat sederhana. Ia harus berkemampuan lebih dari yang lain, sehingga ia dapat memberi petunjuk bagi mereka yang memerlukan. Dengan manager yang profesional yang didukung oleh manajemen yang baik maka proses manajemen pun akan berjalan dengan lancar sehingga tujuan bersamapun akan tercapai.

0 comments:

Post a Comment