TRANSLATE THIS BLOG

Monday, January 3, 2011

Istilah Ekonomi


v  Nilai Guna Total (Total Utility) : Jumlah seluruh kepuasan yang diperoleh dari mengkonsumsi sejumlah barang.
v  Ciri nilai guna total: Kepuasan akan mengkonsumsi barang pada awalnya meningkat, tetapi ketika mencapai nilai guna maksimum kepuasan akan mengkonsumsi barangpun menurun.
v  Nilai Guna Marjinal (Marginal Utility): Penambahan atau pengurangan kepuasan sebagai akibat dari penambahan atau pengurangan satu unit barang tertentu.
v  Ciri nilai guna marjinal: tambahan nilai guna yang akan diperoleh seseorang dalam mengkonsumsi suatu barang akan semakin sedikit apabila orang tersebut secara terus-menerus menambahkan konsumsinya atas barang tersebut.
v  Memaksimumkan kepuasan:
-Apabila  perbandingan niali guna berbagai barang adalah sama dengan perbandingan harga barang-barang tertentu.
-Apabila nilai guna marjinal untuk setiap rupiah yang dikeluarkan adalah sama dengan setiap unit barang yang dikonsumsi.
v  N dalam menilai barang berdasarkan harganya dengan berdasarkan manfaatnya kepada kehidupan manusia.
v  Surplus Konsumen: kelebihan kenikmatan konsumen dalam mengkonsumsi suatu barang apabila dibandingkan dengan pembayaran yang diperlukan untuk memperoleh barang tersebut.
v  Kurva Kepuasan Sama: Suatu kurva yang menggambarkan gabungan barang –barang yang akan memberikan kepuasan yang sama besarnya.
v  Tingkat Penggantian Marjinal: Besarnya pengorbanan ke atas konsumsi suatu barang lainnya dan pada waktu yang sama tetap mempertahankan tingkat kepuasan yang diperolehnya.
v  Garis Anggaran Pengeluaran: Kombinasi dua barang yang dapat dibeli oleh sejumlah uang tertentu.
v  Pemaksimuman Kepuasan: Tingkat kepuasan yang maksimum dari mengkonsumsi dua barang dengan menggunakan sejumlah pendapatan tertentu.
v  Ketika Harga Naik dan Permintaan Turun:
-Konsumen lebih abnyak mengkonsumsi barang itu dan mengurangi konsumsi barang lain (efek penggantian)
-Penurunan harga menambah pendapatan rill konsumen dan kenaikan pendapatan rill ini akan menambah konsumsi berbagai barang (efek Pendapatan.
v  Garis Harga Konsumsi: Suatu kurva yang menggambarkan perubahan kombinasi dua barang yang akan dibeli apabila tingkat harga mengalami pertambahan.
v  Keseimbangan Konsumen: Pencapaian kepuasan konsumen yang maksimum yang menyebabkan konsumen tidak lagi berusaha untuk menentukan barang lain yang akan digunakannya.
v  Biaya Produksi: Semua pengeluaran yang dikeluarkan perusahaan untuk memperoleh factor-faktor produksi dan bahan-bahan mentah yang akan digunakan untuk menciptakan barang-barang yang akan diproduksikan perusahaan tersebut.
v  Biaya Eksplisit: Pengeluaran-pengeluaran perusahaan yang berupa pembayaran dengan uang untuk mendapatkan factor-faktor produksi dan bahan mentah yang dibutuhkan.
v  Biaya Tersembunyi: Taksiran pengeluaran terhadap factor-faktor produksi yang dimiliki oleh perusahaan itu sendiri.
v  Biaya Marjinal: Tambahan biaya yang dibelanjakan untuk menghasilkan satu unit tambahan produksi.
v  Biaya Total/ Total Cost (TC): Keseluruhan jumlah biaya produksi yang dikeluarkan. (TC=TFC+TVC)
v  Biaya Tetap Total/Total Fixed Cost (TFC): Keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh factor produksi yang tidak dapat diubah jumlahnya.
v  Biaya Berubah Total/Total Variable Cost (TVC): keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh factor produksi yang dapat diubah jumlahnya.
v  Biaya Tetap Rata-rata/Avarage Fixed Cost(AFC): AFC=TFC/Q
v  Biaya Berubah Rata-rata/Avarage Variable Cost (AVC):  AVC=TVC/Q
v  Biaya Total Rata-rata/Avarage Total Cost (ATC)= AC=TC/Q atau AC=AFC+AVC
v  Skala Ekonomi: Faktor-faktor yang menyebabkan operasi perusahaan semakin efisien dalam jangka panjang. Dengan cara Spesialisasi, efesiensi penggunaan input, terwujudnya produk sampingan dan perkembangan anak perusahaan.
v  Skala Tidak Ekonomi: Faktor-faktor yang menyebabkan operasi perusahaan semakin tidak efisien dalam jangka panjang. Contohnya, administrasi perusahaan yang semakin birokratis yang melambatkan pengembalian keputusan dalam perusahaan.

0 comments:

Post a Comment