TRANSLATE THIS BLOG

Monday, January 3, 2011

Pengertia Surat Keterangan


Surat adalah suatu komunikasi yang digunakan untuk menyanpaikan informasi tertulis oleh suatu pihak ke pihak lain.
Surat merupakan lembaran kertas yang ditulis atas nama pribadi penulis atau atas nama kedudukannya dalam organisasi untuk berbagai kepentingan .
Korespondensi = surat menyurat.
Korespoden = pihak yang terlibat atau para pelakunya.
Komunikasi tetulis dengan media surat sampai saat ini masih sangat dibutuhkan dan belum tergantikan media lain.
Surat memiliki keunggulan sebagai bukti otentik yang memiliki kekuatan hukum yang sah karena surat yang asli tentunya memiliki identitas yang jelas,yaitu tanda tangan asli dan atau stempel (identitas resmi lembaga) asli.     
Adapun pengertian Surat Keterangan adalah Naskah Dinas yang berisi pernyataan tertulis dari Pejabat sebagai tanda bukti kebenaran sesuatu hal. Dalam pengertian lain Surat Keterangan adalah surat yang bermaksud memberi keterangan mengenai sesuatu agar yang bersangkutan tidak menimbulkan keragu-raguan. Surat keterangan biasa juga disebut surat referensi dan surat rekomendasi. Rekomendasi ialah surat yang diberikan oleh seseorang kepada pihak lain dengan tujuan agar ia mendapat panutan diri yang positif dalam pandangan tempat ia melamar kerja atau bank atau perusahaan tempat memperoleh kredit.

0 comments:

Post a Comment