a.
Pengertian:
suatu pasar dimana terdapat banyak pembeli dan penjual yang memperdagangkan
produk identik (homogen) sehingga dari masing-masing dari mereka akan menjadi
penerima harga (price taker)
b.
Syarat
Pasar Persaingan Sempurna
-
Terdiri
dari banyak penjual dan pembeli
-
Adanya
kebebasan untuk membuka dan menutup perusahaan
-
Barang
yang diperjual belikan bersifat homogen
-
Penjual
dan pembeli mempunyai pengetahuan sempurna tentang keadaan pasar
-
Mobilitas
sumber ekonomi cukup sempurna
-
Pembeli
dapat keluar masuk pasar (entry berrier)
c.
Memaksimumkan
laba
-
Mengelola
operasi intern secara efisien (mencegah pemborosan, mendorong semangat para
pekerja, memilih proses produksi yang efisien)
-
Mengambil
keputusan tepat di dalam pasar ( membeli jumlah input yang tepat pada biaya
rendah dan memilih tingkat output optimal)
d.
Fungsi
Permintaan
-
Total
Revenue (Total Penerimaan/Pendapatan) TR
TR = PxQ
Ket: P=Harga Q=Kuantitas
-
Average Revenue (Rata-rata Penerimaan) AR
Penerimaan produsen per unit output yang dijual
AR = TR/Q=P
-
Marginal
Revenue (Tambahan Penerimaan) MR
Tambahan dari TR yang disebabkan oleh tambahan penjualan 1
unit output.
MR = dTR/dQ =
MR = AR = D = P
Fungsi permintaan dari suatu perushaan dalam pasar persaingan
sempurna berupa gari lurus sejajar dengan sumbu horizontal. Sekaligus fungsi
permintaan tersebut menujukan tingakat harga di pasar. Fungsi permintaan yang
sejajar itu diperoleh karena fungsi TR yang berbentuk garis lurus tanpa
ada kondisi maksimumnya.Kurva permintaanya merupakan elastis sempurna.
e.
Fungsi
Penawaran
Kurva penawaran adalah
kurva MC yang berslope positif, yaitu sejak MC memotong kurva AVC
minimum.
MR=AR=P perubshsndari P akan menggambarkan peruubahan dari MR. Kurva
MC akan menggambarkan perubahan jumlah output yang dijual.
Kurva MC merupakan kurva penawaran suatu perusahaan karena
kurva biaya marjinal dari suatu perusahaan menentukan jumlah barang ayng telah
dijualnya pada tingkat hargaberapapun. Kurva penawaran pasar atau industri
diperoleh daripenjumlahan kurva penawaran perusahaan-perusahaan yang ada di
dalam industri.
f.
Keuntungan
Maksimum Jangka Pendek
g.
Operasi
Perusahaan dan Keseimbangan Jangka Panjang
h.
Kekuatan
Pasar Persaingan Sempurna
-
Penggunaan
sumber daya secara efisien
-
Kebebasan
bertindak dan memilih
-
Harga
jual barang dan atau jasa adaalh yang termurah
-
Bagi
konsumen terdpaat jaminan dalam mengkonsumsi
-
Konsumen
akan mendapatkan layanan pra dan purna jual yang memuaskan
i.
Kelemahan
Pasar Persaingan Sempurna
-
Tidak
mendorong adanya inovasi (pengembangan teknologi)
-
Terbatasnya
pilihan konsumen karena produk yang dijual relatif sama
-
Bisa
meni bulkan ongkos sosial, seperti terjadinya polusi dan limbah industri
-
Ongkos
produksi mungkin juga bisa lebih tinggi sebagai akibat adanya trial error dan
persaingan
-
Efesiensi
penggunaan sumber daya tidak selalu menciptakan pemerataan distribusi
pendapatan
-
Jika
eksplloitasi pengunaan sumberdaya tidak dibatasi dapat menimbulkan kerusakan
pada sumber ekonomi dan ekosistem
-
Asumsi
yang disyaratkan pada persaingan itusulit untuk diwujudkan dalam kehidupan
nyata ini
1 comments:
Boleh tuh,,, mau tanya,, apakah Pasar Persaingan sempurna itu bisa berakibat kepada inflasi ,,,,???
Post a Comment