TRANSLATE THIS BLOG

Monday, January 3, 2011

Pasar Persaingan Sempurna


a.       Pengertian: suatu pasar dimana terdapat banyak pembeli dan penjual yang memperdagangkan produk identik (homogen) sehingga dari masing-masing dari mereka akan menjadi penerima harga (price taker)
b.      Syarat Pasar Persaingan Sempurna
-          Terdiri dari banyak penjual dan pembeli
-          Adanya kebebasan untuk membuka dan menutup perusahaan
-          Barang yang diperjual belikan bersifat homogen
-          Penjual dan pembeli mempunyai pengetahuan sempurna tentang keadaan pasar
-          Mobilitas sumber ekonomi cukup sempurna
-          Pembeli dapat keluar masuk pasar (entry berrier)
c.       Memaksimumkan laba
-          Mengelola operasi intern secara efisien (mencegah pemborosan, mendorong semangat para pekerja, memilih proses produksi yang efisien)
-          Mengambil keputusan tepat di dalam pasar ( membeli jumlah input yang tepat pada biaya rendah dan memilih tingkat output optimal)
d.      Fungsi Permintaan
-          Total Revenue (Total Penerimaan/Pendapatan) TR
TR = PxQ
Ket: P=Harga  Q=Kuantitas
-           Average Revenue (Rata-rata Penerimaan) AR
Penerimaan produsen per unit output yang dijual
AR = TR/Q=P
-          Marginal Revenue (Tambahan Penerimaan) MR
Tambahan dari TR yang disebabkan oleh tambahan penjualan 1 unit output.
MR = dTR/dQ =
MR = AR = D = P
Fungsi permintaan dari suatu perushaan dalam pasar persaingan sempurna berupa gari lurus sejajar dengan sumbu horizontal. Sekaligus fungsi permintaan tersebut menujukan tingakat harga di pasar. Fungsi permintaan yang sejajar itu diperoleh karena fungsi TR yang berbentuk garis lurus tanpa ada kondisi maksimumnya.Kurva permintaanya merupakan elastis sempurna. 
e.       Fungsi Penawaran
       Kurva penawaran adalah kurva MC yang berslope positif, yaitu sejak MC memotong kurva AVC minimum.
       MR=AR=P  perubshsndari P  akan menggambarkan peruubahan dari MR. Kurva MC akan menggambarkan perubahan jumlah output yang dijual.
       Kurva MC merupakan kurva penawaran suatu perusahaan karena kurva biaya marjinal dari suatu perusahaan menentukan jumlah barang ayng telah dijualnya pada tingkat hargaberapapun. Kurva penawaran pasar atau industri diperoleh daripenjumlahan kurva penawaran perusahaan-perusahaan yang ada di dalam industri.
f.       Keuntungan Maksimum Jangka Pendek
g.      Operasi Perusahaan dan Keseimbangan Jangka Panjang
h.      Kekuatan Pasar Persaingan Sempurna
-          Penggunaan sumber daya secara efisien
-          Kebebasan bertindak dan memilih
-          Harga jual barang dan atau jasa adaalh yang termurah
-          Bagi konsumen terdpaat jaminan dalam mengkonsumsi
-          Konsumen akan mendapatkan layanan pra dan purna jual yang memuaskan
i.        Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna
-          Tidak mendorong adanya inovasi (pengembangan teknologi)
-          Terbatasnya pilihan konsumen karena produk yang dijual relatif sama
-          Bisa meni bulkan ongkos sosial, seperti terjadinya polusi dan limbah industri
-          Ongkos produksi mungkin juga bisa lebih tinggi sebagai akibat adanya trial error dan persaingan
-          Efesiensi penggunaan sumber daya tidak selalu menciptakan pemerataan distribusi pendapatan
-          Jika eksplloitasi pengunaan sumberdaya tidak dibatasi dapat menimbulkan kerusakan pada sumber ekonomi dan ekosistem
-          Asumsi yang disyaratkan pada persaingan itusulit untuk diwujudkan dalam kehidupan nyata ini

1 comments:

PaSha_hEndaR said...

Boleh tuh,,, mau tanya,, apakah Pasar Persaingan sempurna itu bisa berakibat kepada inflasi ,,,,???

Post a Comment