Seperti
segenap bidang manajemen lainnya, manajemen kantorpun dapat dilihat dari sudut
proses manajemen. Proses manajemen terseut mengalir dalam sebuah pola
manajemen. Pola manajemen pada dasarnya merupakan struktur tingkah-laku
manajemen. Oleh sea itu, setiap proses manajemen yang berstruktur dapat dianggap
sebagai pola manajemen.
Perencanaan Kantor
Meliputi
segala aktivitas peramalan mengenai hal yang harus dilaksanakan dan cara-cara
pelaksanaannya dalam bidang tatausaha kantor. Maksud perencanaan kantor
tersebut adalah mencapai efesiensi yang tertinggi dalam pelaksanaan tata usaha
tersebut.
Pengorganisasian Kantor
Merupakan
system kerjasama yang meliputi pola pembagian kerja, susunan hubungan kerja,
lalu-lintas wewenang dan tanggung jawab antara para petugas dan struktur
hubungan tersebut.
Pengoordinasian
Suatu kegiatan
untuk menjamin kerja sama dan partisipasi sejumlah kegiatan kantor. Salah satu
tolak ukur keerhasilan pemimpin adalah keberhasilannya dalam mengoordinasikan
segala kegiatan yang diperlukan.
Pengawasan Kantor
Seluruh kegiatan
pimpinan organisasi kantor yang meneliti, menyesuaikan dan mengoreksi kegiatan
ketatausahaan agar pelaksanaan sesuai dengan rencana yang telah disusun.
0 comments:
Post a Comment