TRANSLATE THIS BLOG

Monday, January 3, 2011

Proses Manajemen Kantor


Seperti segenap bidang manajemen lainnya, manajemen kantorpun dapat dilihat dari sudut proses manajemen. Proses manajemen terseut mengalir dalam sebuah pola manajemen. Pola manajemen pada dasarnya merupakan struktur tingkah-laku manajemen. Oleh sea itu, setiap proses manajemen yang berstruktur dapat dianggap sebagai pola manajemen.
Perencanaan Kantor
Meliputi segala aktivitas peramalan mengenai hal yang harus dilaksanakan dan cara-cara pelaksanaannya dalam bidang tatausaha kantor. Maksud perencanaan kantor tersebut adalah mencapai efesiensi yang tertinggi dalam pelaksanaan tata usaha tersebut.
Pengorganisasian Kantor
Merupakan system kerjasama yang meliputi pola pembagian kerja, susunan hubungan kerja, lalu-lintas wewenang dan tanggung jawab antara para petugas dan struktur hubungan tersebut.
Pengoordinasian
Suatu kegiatan untuk menjamin kerja sama dan partisipasi sejumlah kegiatan kantor. Salah satu tolak ukur keerhasilan pemimpin adalah keberhasilannya dalam mengoordinasikan segala kegiatan yang diperlukan.
Pengawasan Kantor
Seluruh kegiatan pimpinan organisasi kantor yang meneliti, menyesuaikan dan mengoreksi kegiatan ketatausahaan agar pelaksanaan sesuai dengan rencana yang telah disusun.

0 comments:

Post a Comment