Ada lima kemampuan kerja yang harus
dimiliki oleh para manajer yang efektif, sehingga dapat secara produktif
menggunakan:
- Sumber-sumber daya (Resources).
Mengalokasikan waktu, uang, material ruang dan manusia, sumber daya
berhubungan dengan keahlian teknis, konseptual, dan pengambilan keputusan
sampai pada fungsi-fungsi manajemen perencanaan, pengorganisasian,
penggerakan dan pengawasan.
- Keahlian Interpesonal (Interpersonal
Skill). Bekerja sebagai suatu tim kerja mengajar orang lain, melayani
pelanggan, memimpin, bernegosiasi dan bekerja dengan baik dengan orang
lain dari berbagai latar belakang budaya yang berbeda.
- Informasi (Information). Informasi
berhubungan dengan teknik manusia dan keahlian dengan manajemen komunikasi
dari fungsi-fungsi manajemen pengorganisasian, kepemimpinan dan
pengendalian.
- Sistem (System). Sistem berhubungan
dengan konseptual dan keahlian manajemen pengambilan keputusan dan juga
fungsi-fungsi manajemen perencanaan, pengorganisasian, penggerak dan
pengendalian.
- Teknologi (Technology). Teknologi
berhubungan dengan keahlian manajemen teknisi dan fungsi-fungsi manajemen,
perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian.
Dengan
demikian manajer kompeten adalah seseorang yang mempunyai kompetensi
manajerial, yaitu memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap, perilaku yang
turut berkonstribusi pada penampilan maajerial yang efektif.