TRANSLATE THIS BLOG

Saturday, January 15, 2011

AC

Sering kepanasan waktu siang ataupun malam.???????
Bukan masalah....Karena sekarang kita bisa menggunakan Air Conditioning.
Tapi.....Apakah kamu semua tau siapa orang pertama yang menemukan AIR CONDITIONING.....??????
Eh.....Namanya kita singkat aja yah...AC.....
Sebelum kenalan dengan si penemu, kita telusuri dulu sejarahnya.
Let's go......!!!!!!
Waktu itu tahun 1902. Di sebuah gedung percetakan lukisan di Amerika, para ahli cetak sedang bingung. Mereka mengeluh udara dalam gedung terlalu lembab terlalu banyak mengandung uap air, sehingga kertas menjadi lembap. Meréka tau mencetak pada kertas yang lembap tidak akan mendapatkan hasil cetak yang baik. Oleh karena ítu pemimpin perusahaan mengundang 'Pak Willis Carrier' seorang ahli fisika. Pak Carrier diminta untuk mencari cara bagaimana menghìlangkan uap air dalam gedung percetakan.
Bulan demi bulan telah berlalu namun Pa Carrier belum juga mendapakan ìde.
Akhirnya Pak Carrier memutuskan untuk menyerah saja dan akan membertahu pemimpin perusahaan bahwa ia tidak sanggup menemukan solusinya. tapi di tengah perjalanan sambil menunggu kereta , Pak Carrier melihat kabut tebal menyelimuti udara di sekitar stasiun. Pak Carrier terpikir suatu gagasan, bahwa uap air yang ada di udara dapat diembunkan dengan cara mendinginkannya. Dengan semangat Pak Carrier pun kembali ke tempat percobaannya. Kemudian dibuatlah mesin pendingin uadara. Begitu siap mesin itu dicoa di tempat percetakan. dan alhasil di dalam gedung percetakan udara menjadi kering, tidak mengandung uap air lagi. Mesin pengering udara ciptaan Pak Willis Carrier pun berhasil dengan memuaskan. Zaman telah berganti. Mesin pengering udara yang dibuat pak Carrierpun kini tidak hanya digunakan sebagai pengering udara, tetapi juga digunakan sebagai pendingin ruangan. Huh....!!!! Untung aja yach ada Pak Carrier, jadi kita tidak lagi kepanasan meskipun watu musim kemarau. TERIMAKSIH PAK CARRIER

Fakta


_jumlah bintang di angkasa luar lebih banyak dibandingkan dengan jumlah pasir" yang ada di 1000pantai.
_ikan haring,yaitu sejenîs ikan laut yang menghasilkan minyak ikan,sekali bertelur bisa mengeluarkan sekitar 4 juta telur. Tetapi yang menetas hanya 2 butir saja.
_dalam setahun Amerika Serikat memerlukan pensil sebanyak 2 juta batang. Kalau dipakai,pensil itu cukup untuk membuat garis dari bumi ke palanet Pluto bolak_balik.
_kalau manusia bisa diidentifikasi dengan sidik jari, sapi bisa diidentifikasikan dengan sidik hidungnya.

Friday, January 14, 2011

Jenis-jenis Rapat

a.       Berdasarkan tujuan
1.      Rapat penjelasan
Rapat penjelasan adalah rapat yang diselenggarakan untuk tujuan menyampaikan penjelasan kepada para peserta rapat dari pimpinan.
2.      Rapat pemecahan masalah
Rapat pemecahan masalah diselenggarakan untuk menemukan pemecahan tentang suatu masalah yang sedang terjadi atau dihadapi.
3.      Rapat perundingan
Rapat perundingan adalah rapat yang diselenggarakan dengan tujuan menghindari timbulnya suatu perselisihan, mencari jalan tengah agar tidak merugikan kedua belah pihak.
b.        Berdasarkan sifat
1.      Rapat formal (formal meeting
Rapat formal adalah rapat yang dilaksanakan dengan suatu perencanaan terlebih dahulu, sesuai dengan aturan yang berlaku dan semua peserta rapat memperoleh undangan.
2.      Rapat informal (informal meeting)
Rapat informal adalah rapat yang dilaksanakan secara tidak resmi dan tidak berdasarkan suatu rencana yang bersifat resmi.
3.      Rapat terbuka
Rapat terbuka adalah rapat yang dapat dihadiri oleh seluruh anggota organisasi. Materi rapat yang dibahas merupakan masalah yang tidak bersifat rahasia.
4.      Rapat tertutup
Rapat tertutup adalah rapat yang diselenggarakan untuk kalangan tertentu dalam suatu organisasi, biasanya yang dibahas hal-hal yang menyangkut maslah yang sifatnya rahasia (tidak atau belum boleh diketahui oleh umum).
c.         Berdasarkan jangka waktu
1.      Rapat mingguan
Rapat mingguan adalah rapat yang diselenggarakan secara rutin setiap minggu, guna membahas masalah-masalah yang bersifat biasa yang dihadapi oleh setiap seksi atau subseksi.
2.      Rapat bulanan
Rapat bulanan adalah rapat yang diselenggarakan setiap bulan dengan rutin, guna membahas masalah-masalah yang bersifat biasa yang dihadapi oleh setiap seksi atau subseksi.
3.      Rapat semester
Rapat semester adalah rapat yang diselenggarakan setiap enam bulan sekali, guna mengadakan evaluasi hasil kerja selama setengah tahun dan mencari serta menentukan rencana-rencana selanjutnya untuk waktu enam bulan berikutnya.
4.      Rapat tahunan
Rapat tahunan adalah rapat yang diadakan sekali setahun yang bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan dan hasil dari rencana jangka pendek dan jangka panjang.
d.        Berdasarkan frekuensi
1.      Rapat rutin
Rapat rutin adalah rapat yang waktunya sudah tertentu aRapat rutin adalah rapat yang waktunya sudah tertentu atau biasa, missal mingguan, bulanan, dll.
2.      Rapat incidental
Rapat incidental adalah rapat yang terjadi tanpa direncanakan terlebih dahulu, karena adanya masalah yang memerlukan penanganan dengan segera.
e.         Berdasarkan nama
1.      Rapat kerja
Rapat kerja adalah rapat atau pertemuan para karyawan dan pimpinan guna membahas hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas suatu instansi.
2.      Rapat dinas
Rapat dinas adalah rapat yang membicarakan masalah kedinasan atau pekerjaan (biasanya dilakukan oleh orang-orang yang bertugas di instansi pemerintah).
3.      Musyawarah kerja
Musyawarah kerja merupakan kata lain dari rapat kerja.

Tujuan Rapat


Rapat ada yang bersifat rutin dan ada yang bersifat kontemporer (sewaktu-waktu) atau bila terjadi suatu peristiwa yang luar biasa. Beberapa tujuan diadakannya rapat, yaitu:
·     Untuk memecahkan atau mencari jalan keluar suatu permasalahan.
·     Untuk menyampaikan informasi, perintah, pernyataan.
·     Sebagai alat koordinasi antarintern atau antarekstern.
·     Agar peserta rapat dapat ikut berpartisipasi pada masalah-masalah yang sedang terjadi.
·     Mempersiapkan suatu acara atau kegiatan.
·     Menampung semua permasalahan dari arus bawah (para peserta rapat), dll.

Pengertian Rapat


Berdasarkan buku Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi kedua terbitan Balai Pustaka
"Rapat adalah pertemuan (kumpulan) untuk membicarakan sesuatu, sidang, atau majelis"
Dalam buku Etika Komunikasi karangan Samsir Rambe
"Rapat ialah kumpulan beberapa orang atau organisasi yang akan membicarakan suatu masalah atau kepentingan bersama untuk memberikan penjelasan, memecahkan suatu persoalan dan sekaligus mengadakan perundingan demi memperoleh suatu hasil yang disepakati/disetujui bersama"

Thursday, January 6, 2011

Definisi Korupsi

Asas-asas Pengorganisasian Kantor


Tujuan kantor tercapai melalui kegiatan komunikasi, kalkulasi, pengelolaan warkat, laporan dan prosedur rutin. Untuk memberikan kemudahan bagi pencapaian tujuan itu, manajemen kantor mengenal beberapa asas. Terdapat 8 asa manajemen kantor menurut Neuner dan Keeling:
Asas Tujuan
Tujuan suatu bisnis atau kelompok fungsi dalam suatu bisnis harus dirumuskan dan dipahami.  Asa ini mengandung arti bahwa manajemen kantor memerlukan suatu kebijaksanaan atau haluan yang pasti sebelum suatu usaha dilaksanakan. Tujuan satu usaha mungkin sederhana seperti usaha menaikan laba melalui kenaikan penjualan. Manajemen adminstratif merupakan bagian penting bagi kemudahan yang kerap kali merupakan dasar bagi fungsi-fungsi lain.
Asas Kesatuan Fungsi
Semua organisasi terdiri atas fungsi-fungsi yang harus bekerka sama untuk mencapai tujuan utama organisasi itu. Fungsi-fungsi utama dalam organisasi bisnis adalah produksi, distribusi, keuangan dan personalia.
Asas Hubungan Individual
Organisasi yang efektif terbentuk olrh pribadi-pribadi yang harus melangsungkan pekerjaan. Asas ini berarti dalam setiap organisasi harus terdapat pembagian tugas dan tanggung jawab yang definitive. Pembagian tugas dan tanggung jawab yang pasti. Menolong kepastian proses manajemen dan prosedur pekerjaan. Selain tugas dan tanggung jawab, garis-garis wewenang pun harus dibangun. Di samping itu, balas jasa haruslah dirumuskan untuk merangsang bekerja.
Asas Kesederhanaan
Organisasi yang efektif berdasarkan kesederhanaan dan antar hubungan yang jelas. Karena tidak banyak pernik, suatu organisasi mudah dipahami leh setipa orang yang terlibat dalam organisasi itu, sehingga efektiflah organisasi itu.
Asas Wewenang Sepadan dengan Tanggung Jawab
Setiap orang dalam organisasi harus memiliki wewenang yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya, sehingga ia dapat bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugasnya itu. Organisasi menjadi hidup karena pendelegasian wewenang dan tanggung jawab wewenang adalah hak untuk memberikan perintah dan kekuasaan untuk membuat keputusan, sedangkan tanggung jawab kewajiban dan akuntabilitas untuk melaksanakan pekerjaan yang ditugaskan.
Asas Laporan kepada Atasan Tunggal
Agar setiap orang mengetahui dengan jelas kepada siapa ia melapor, setiap petugas harus menerima perintah dari dan bertanggung jawab hanya kepada satu orang atasan. Asas ini menjadi penting karena keraguan terjadi dan moral akan jatuh jika seorang petugas bertanggung jawab kepada beberapa orang atasan yang masing-masing mempunyai ukuran dalam menyelesaikan pekerjaan.
Asas Pengawasan dan Kepemimpinan
Kepemimpinan dan pengawasan yang efektif harus ditegakan sehingga tujuan usaha dapat tercapai. Asas ini dapat terwujud dengan berbagai cara. Seorang pengawas dan pemimpin hendaknya membuat rancana dan mengarahkan pekerjaan orang lain yang menjadi tanggung jawabnya.
Asas Jangkauan Pengawas
Agar pengawasan dan kepemimpinan efektif, jangkauan pengawasan di bawah pengawasan langsung dari seseorang eksekutif atau seorang pengawas hendaknya dibatasi. Tidak ada rumus yang mujarab yang dapat menentukan jangkauan pengawasan. Itu disebabkan suatu kenyataan bahwa setiap situasi harus dengan hati-hati dinilai setelah analisa semua factor paripurna.