TRANSLATE THIS BLOG

Tuesday, September 13, 2011

Alasan Perusahaan Melakukan Merger 1


Economies of Scale

Dengan merger perusahaan dapat mencapai skala operasi yang ekonomis. Skala ekonomis adalah skala operasi dengan iaya rata-rata terendah. Tidak jarang dengan melakukan merger maka duplikasi fasilitas operasi dapat dihilangkan, begitu juga dengan usaha pemasaran dapat lebih efisien, sistem akuntansi akan leih baik, pengadaan dan proses produksi dapat dikonsolidasikan. Sales force dapat dikurangi untuk menghindari duplikasi usaha pemasaran yang menyangkut wilayah. Dengan merger dapat diperoleh synergisem yaitu nilai keseluruhan leih besar dari penjumlahan nilai bagian-bagiannya (4+4=10)
Skala ekonomis bukan hanya dalam artian proses produksi saja melainkan dalam bidang pemasaran, personalia, keuangan, tetapi juga bidang administrasi. Secara luas pengertian skala ekonomis yang ingin dicapai dengan melakukan merger adalah dalam hal penggunaan sumber daya yang ada.
Skala ekonomis dapat dicapai dengan merger baik secara horizontal, yakni dua perusahaan yang memiiki product line yang sama digabungkan. Tujuannya adalah untuk menghilangkan duplikasi fasilitas operasi (usaha), ataupun secara vertikal untuk memperpanjang jaringan usaha. Merger yang vertikal ini dapat dari depan ke belakang untuk mencapai suplai bahan baku ataupun dari belakang ke depan untuk menjangkau konsumen lebih banyak lagi teteapi kedua perusahaan tersebut masih memiliki garis usaha yang sama. Sedangkan cara yang lain adalah penggabungan dua usaha yang tidak memiliki hubungan antar produk yang dihasilkan dan cara semacam ini  disebut dengan conglomerate merger.

0 comments:

Post a Comment