Economies
of Scale
Dengan merger perusahaan dapat mencapai skala operasi yang
ekonomis. Skala ekonomis adalah skala operasi dengan iaya rata-rata terendah.
Tidak jarang dengan melakukan merger maka duplikasi fasilitas operasi dapat
dihilangkan, begitu juga dengan usaha pemasaran dapat lebih efisien, sistem
akuntansi akan leih baik, pengadaan dan proses produksi dapat dikonsolidasikan.
Sales force dapat dikurangi untuk
menghindari duplikasi usaha pemasaran yang menyangkut wilayah. Dengan merger
dapat diperoleh synergisem yaitu nilai keseluruhan leih besar dari penjumlahan
nilai bagian-bagiannya (4+4=10)
Skala ekonomis bukan hanya dalam artian proses produksi saja
melainkan dalam bidang pemasaran, personalia, keuangan, tetapi juga bidang
administrasi. Secara luas pengertian skala ekonomis yang ingin dicapai dengan
melakukan merger adalah dalam hal penggunaan sumber daya yang ada.
Skala ekonomis dapat dicapai dengan merger baik secara
horizontal, yakni dua perusahaan yang memiiki product line yang sama digabungkan. Tujuannya adalah untuk
menghilangkan duplikasi fasilitas operasi (usaha), ataupun secara vertikal
untuk memperpanjang jaringan usaha. Merger yang vertikal ini dapat dari depan
ke belakang untuk mencapai suplai bahan baku ataupun dari belakang ke depan
untuk menjangkau konsumen lebih banyak lagi teteapi kedua perusahaan tersebut
masih memiliki garis usaha yang sama. Sedangkan cara yang lain adalah
penggabungan dua usaha yang tidak memiliki hubungan antar produk yang
dihasilkan dan cara semacam ini disebut
dengan conglomerate merger.
0 comments:
Post a Comment