Mengacu ke Kemampuan
(competency referenced)
Penilaian kelas perlu disusun dan dirancang untuk mengukur apakah siswa
telah menguasai kemampuan sesuai dengan target yang ditetapkan dalam kurikulum.
Materi yang dicakup dalam penilaian kelas harus terkait secara langsung dengan
indikator pencapaian kemampuan tersebut. Ruang lingkup materi penilaian
disesuaikan dengan tahapan materi yang telah diajarkan serta pengalaman belajar
siswa yang diberikan. Materi penugasan atau ulangan harus betul-betul
merefleksikan setiap kemampuan yang ditargetkan untuk dikuasai siswa. Hanya
materi yang secara esensial terkait langsung dengan kemampuan yang perlu
dicakup dalam penilaian di kelas. Materi yang tidak langsung terkait dengan
kemampuan tidak perlu dicakup dalam penilaian di kelas. Namun demikian, guru
tetap dapat mencatat hal-hal tersebut sebagai bahan dalam melakukan analisis
dan umpan balik hasil penlaian.
0 comments:
Post a Comment