TRANSLATE THIS BLOG

Tuesday, September 13, 2011

Konsep serta Peran Bimbingan dan Konseling dalam Proses Belajar Mengajar yang Bermakna


 Bimbingan dan konseling merupakan salah satu unsur  terpadu dalam keseluruhan program pendidikan dilingkungan perguruan tinggi. Jadi, bimbingan dan konsaeling itu merupakan tugas yang seyogyanya merupakan dilakukan oleh setiap pendidikan yang bertugas diperguruan tinggi ,termasuk dosen. Walaupun demikian, ada sebagian dari petugas , termasuk dosen yang tidak menyadari bahwa bimbingan dan konseling adalah sebagian tugasnya. Adapun yang dimaksud bimbingan dan konseling diperguruan tinggi dijelaskan sebagai berikut.
Bimbingan dan konseling diperguruan tinggi adalah suatu proses pemberian bantuan kepada mahasiswa secara berkesinambungan, supaya mahasiswa tersebut  dapt memahami dirnya sehingga dia sanggup mengarahkan dirinya dan bertindak secara wajar sesuai dengan tuntutan dan keadaan lingkungan  kampus, keluarga, serta masyarakat dan kehidupan pada umumnya. Dengan demikian, ia dapat menikmati kebahagian hidupnya dan dapat memberi sumbangan yang berarati pada kehidupan masyarakat pada umumnya. Bimbingan dan konseling membantu mahasiswa mencapai perkembangan diri secara optimal sebagai mahluk sosial
Bimbingan dan konseling diperguruan tinggi seyogyanya  mewarnai seluruh aktifitas yang diselenggarakan diperguruan tinggi termasuk dalam proses belajar mengajar  karena bimbingan dan konseling itu mempunyai peran yang strategis dalam mengembangkan potensi manusia yang ada diperguruan Tinggi.
 Peran bimbingan dan konseling dalam proses belajar mengajar merupakan salah satu kompetensi dosen yang terpadu dalam keseluruhan kompetensi dosen yang terpadu dalam keseluruhan kometensi pribadinya. Dalam hal ini peran bimbingan dan konseling itu merupakan kompetensi penyesuaain interakasional yang merupakan kemampuan dosen untuk menyesuaikan diri dengan karakteristik mahasiswa dan suasana belajar mahasiswa. Tentang mengajar kekuatan pribadinya, serta pandangan  dan filsafat hidupn. Dalam hal ini termasuk pandangan dan kepedulian tentang bimbingan.

0 comments:

Post a Comment