TRANSLATE THIS BLOG

Tuesday, September 13, 2011

Peran dan Bimbingan dalam Interaksi Dosen Mahasiswa dalam Proses Belajar Mengajar


Dalam keseluruhan transaksi (proses belajar mengajar) itu terdapat tiga aspek perbuatan pokok yang selalu terjadi, yaitu pengjaran (instruktion), kepemimpinan (leadershhip)  dan penilaian (evaluation). Dalam hubungan ini aspek kepemimpinan adalah aspek yang sangat penting karena proses belajar mengjajr merupakan pelaksanaan suatu rencana pengajaran yang memerlukan kemampuan dosen dalam memimpin kegiatan. Dalam kepemimpinan ada dua unsur, yaitu memberi kemudahan (facilitation) dan pemeliharaan (maintanance).
Untuk memberi kemudahan dosen berusaha:
·      Menciptakan suasana kerja sama dan mempersatukan upaya dalam kelas
·      Membangun tolok ukur tindakan dan mengorganisasikan prosedur kerja
·      Memperbaiki suasan kelas dengan menggunakan  cara penyelesaian masalah
·      Mengubah atau memodifikasi suasana dalam sistem kelas. Untuk memberi kemudahan dalam proses belajar mengajar seyogiyanya dosen menunnjukan sikap terbuka, empatik, keikhlasan (genuineness) dan kemantapan emosional.
     Fungsi pemeliharaan (maintannance) meliputi unsur-unsur (1) mememlihara dan meningkatkan semangat mahasiswa; (2) menamgani pertentangan atau konflik supaya menjadinsuasana yang bermanfaat; (3) membantu kelompok sisswa untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi  dalam lingkungan; serta (4) mengurangi perasaan tertekan (stress) dan kecemasan . dengan perkataan lain dalam proses belajar mengajar, hendaknya dosen memelihara iklim psikologis  kelas supaya terjadi suasana gembira ,bersemangat kerja, berkompetisi secara sehat tiada tekanan sehingga terpupuk keinginan untuk maju dan berprestasi.

0 comments:

Post a Comment