Dosen mempunyai peranan dan kedudukan
strategis dalam keseluruhan proses pendidikan, terutama dalam pendidikan
formal, bahkan dalam keseluruhan pembangunan masyarakat pada umumnya.
Sehubungan dengan ini, G. F. Moody (Rochman Natawidjaja, 31: 1988) mengemukakan pendapatnya, bahwa sesungguhnya
keberhasilan dari suatu masyarakat yang teratur sangat bergantung kepada dosen.
Menurutnya, dosen harus sadar bahwa dia memberikan pengabdian yang paling
tinggi kepada masyarakat, dan bahwa profesinya itu harus sama tinggi atau lebih
tinggi tingkatannya dengan profesi pengabdi lainnya. Kepribadian dosen
memainkan peranan paling penting dalam keberhasilan mengajar yang dilakukannya.
Peranan yang demikian strategis itu
akan semakin tampak jika dikaitkan dengan kebijaksanaan dan program pembangunan
dalam pendidikan dewasa ini, yaitu berkenaan dengan peningkatan mutu dan
relevansi pendidikan yang diarahkan pada peningkatan mutu lulusan dan hasil
pendidikan itu sendiri. Dalam keadaan seperti itu, seyogyanya dosen memiliki
kualifikasi sesuai dengan bidang tugasnya. Sehubungan dengan kualifikasi dan
tugas dosen itu, dosen mengemban sekurang-kurangnya tiga tugas pokok sebagai
berikut:
-
Tugas profesional
Tugas yang berkenaan dengan profesi. Tugas ini mencakup
tugas mendidik, yaitu mengembangkan kemampuan intelektual mahasiswa, dan
melatih, yaitu mengembangkan keterampilan mahasiswa, serta mengelola ketertiban
kampus/sekolah sebagai penunjang ketahanan kampus.
-
Tugas manusiawi (human responsibility)
Tugasnya sebagai manusia. Dalam hal ini, dosen bertugas
mewujudkan dirinya dalam arti merealisasikan seluruh potensi yang dimilikinya,
melakukan auto-identifikasi dan auto-pengertian untuk dapat menempatkan dirinya
dalam keseluruhan kemanusiaan sesuai dengan martabat manusia.
-
Tugas kemasyarakatat (civic mission)
Tugas
dosen sebagai anggota masyarakat dan warga Negara. Dalam hal ini, dosen
bertugas membimbing mahasiswa menjadi warga Negara yang baik sesuai dengan
kaidah-kaidah yang terdapat dalam Pancasila. Dalam hal ini dosen berfungsi
sebagai perancang masa depan dan penggerak kemajuan.
Ketiga tugas pokok tersebut harus
tercermin secara terpadu dalam penampilannya dalam proses belajar-mengajar.dosen
bukan sekedar penyampai pelajaran, bukan pula sebagai penyampai pelajaran,
bukan pula sebagai penerap metode mengajar, melainkan deosen adalah pribadinya,
yaitu keseluruhan penampilan serta perwujudan dirinya dalam berinteraksi dengan
mahasiswa. Sehubungan dengan ini, H. W. Bernard (Rocman Natawidjaja, 32:1988) menyatakan, nahwa pribadi
dosenlah yang menentukan mutu dan arah pertummbuhan mahasiswa. Bernard
mengemukakan pula, bahwa banyak penelitian yang menyatakan adanya
pengaruh/akibat langsung pribadi dosen terhadap tingkah laku mahasiswanya.
Ada beberapa syarat bagi doesn dalam
mengembangkan prilaku mahasiswa:
-
Memiliki mental yang sehat
-
Menguasai cara-cara untuk menghindaari
pengaruh negative terhadap mahasiwa, terutama menyingkirkan pengaruh negative
dan masa anak-anak yang mungkin ditularkan kepada mahasiswa secara tidak sadar.
-
Memperlakukan mahasiswa sebagai
individu yang unik
-
Menhindari ucapan-ucapan yang melukai
perasaan serta harga diri mahasiswa
Dari
uraian tersebut menunjukan bahwa sebagian besar peran dosen merupakan hubungan
antarpribadi. Ini berarti bahwa proses belajar-mengajar bukan semata-mata
kegiatan instruksional. Banyak sekali efek pengiring disamping efek
instruksional yang terekam oleh mahasiswa waktu terjadi interaksi belajar
mengajar.
1 comments:
Numpang promo ya gan……: D
LOWONGAN KERJA SAMPINGAN GAJI 3 JUTA/MINGGU
Kerja management dari program kerja online ( Online Based Data Assigment Program / O.D.A.P ) Membutuhkan 200 karyawan diseluruh Indonesia yang mau kerja sampingan online dengan potensi penghasilan 3 JUTA/Minggu + GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan. Tugasnya hanya ENTRY data, per entry @10rb. Misal hari ini anda kirimkan 200 data dari O.D.A.P yang harus di entry berarti kita dapat hari ini @ 10rb x 200 = 2 JUTA. Lebih jelasnya kirimkan NAMA Lengkap & EMAIL anda
Klik=> http://www.penasaran.net/?ref=92vcnd
Post a Comment