1. Pengertian Evaluasi Pembelajaran
a. Suatu proses atau kegiatan yang sistematis, berkelanjutan
dan menyeluruh dalam rangka pengendalian, penjaminan dan penetapan kualitas
(nilai dan arti) berbagai komponen pembelajaran berdasarkan pertimbangan dan
kriteria tertentu sebagai bentuk pertanggungjawaban guru dalam melaksanakan
pembelajaran.
b. Erman (2003:2) : penentuan kesesuaiaan antara tampilan siswa
dengan tujuan pembelajaran.
c. Grondlund dan Linn (1990) mengatakan bahwa evaluasi
pembelajaran adalah suatu proses mengumpulkan, menganalisis dan
menginterpretasi informasi secaras sistematik untuk menetapkan sejauh mana
ketercapaian tujuan pembelajaran.
d.
Educational evaluation is the
evaluation process of characterizing and appraising some aspect/s of an
educational process.
e. UU No.20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal
1 ayat 21 dijelaskan bahwa evaluasi
pendidikan adalah kegiatan pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu
pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang,
dan jenis pendidikan sebagai bentuk
pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan.
2. Unsur-unsur dari sistem evaluasi pembelajaran
a. Tujuan evaluasi
b. Ada,objek evaluasi,
c. Teknik evaluasi yang digunakan
d. Bentuk dan jenis evaluasi yang digunakan
e. Alat evaluasi dan kunci jawaban
f. hasil evaluasi
kuantitatif.
3. Macam-macam evaluasi pembelajaran:
a. Berdasarkan tujuan
·
Evaluasi
Diagnostik adalah evaluasi yang ditujukan untuk menelaah kelemahan-kelemahan
siswa beserta faktor-faktor penyebabnya.
·
Evaluasi
Selektifadalah evaluasi yang digunakan untuk memilih siswa yang paling tepat
sesuai dengan kriteria program kegiatan tertentu.
·
Evaluasi
Penempatan adalah evaluasi yang digunakan untuk menempatkan siswa dalam program
pendidikan tertentu yang sesuai dengan karakteristik siswa.
·
Evaluasi
Formatif adalah evaluasi yang dilaksanakan untuk memperbaiki dan meningkatan
proses belajar dan mengajar.
·
Evaluasi
Sumatifadalah evaluasi yang dilakukan untuk menentukan hasil dan kemajuan
belajar siswa.
b. Berdasarkan sasaran
·
Evaluasi
Konteks adalah evaluasi yang ditujukan untuk mengukur konteks program baik
mengenai rasional tujuan, latar belakang program, maupun kebutuhan-kebutuhan
yang muncul dalam perencanaan.
·
Evaluasi Input adalah yang diarahkan untuk
mengetahui input baik sumber daya maupun trategi yang digunakan untuk mencapai
tujuan.
·
Evaluasi Proses adalah evaluasi yang ditujukan
untuk melihat proses pelaksanaan, baik mengenai kelancaran proses, kesesuaian
dengan rencana, faktor pendukung dan faktor hambatan yang muncul dalam proses
pelaksanaan dan sejenisnya.
·
Evaluasi
Hasil atau Produk adalah evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil program
yang dicapai sebagai dasar untuk menentukan keputusan akhir, diperbaiki,
dimodifikasi, ditingkatkan atau dihentikan.
·
Evaluasi
Outcom atau Lulusan adalah evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil belajar
siswa lebih lanjut, yakni evaluasi lulusan setelah terjun ke masyarakat.
c. Berdasarkan lingkup kegiatan pembelajaran
·
Evaluasi
program pembelajaran adalah evaluasi yang mencakup terhadap tujuan
pembelajaran, isi program pembelajaran, strategi belajar mengajar, aspek-aspek
program pembelajaran yang lain.
·
Evaluasi
proses pembelajaran adalah evaluasi yang mencakup kesesuaian antara proses
pembelajaran dengan garis-garis besar program pembelaran yang ditetapkan,
kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran kemampuan siswa dalam
mengikuti proses pembelajaran.
·
Evaluasi
hasil pembelajaran adalah evakuasi hasil belajar yang mencakup tingkat
penguasaan siswa terhadap tujuan pembelajaran yang ditetapkan, baik umum maupun
khusus, ditinjau dalam aspek kognitif, efektif, psikomotorik.
d. Berdasarkan objek evaluasi
·
Evaluasi
input: evaluasi terhadap siswa mencakup kemampuan kepribadian, sikap,
keyakinan.
·
Evaluasi
transformasi: evaluasi terhadap unsur-unsur transformasi proses pembelajaran
antara laing materi, media, metode dan lain-lain.
·
Evaluasi
output: evaluasi terhadap lulusan yang mengaju pada ketercapaian hasil
pembelajaran.
e. Berdasarkan subjek evaluasi
·
Evaluasi
internal: evaluasi yang dilakukan oleh orang dalam sekolah sebagai evaluator,
misalnya guru.
·
Evaluasi
eksternal: evaluasi yang dilakukan oleh orang luar sekolah sebagai evaluator.
Misalnya orang tua, masyarakat.
Sumber:
Admin web. 2010. Pengertian
Evaluasi Pembelajaran dalam BAB Kajian Pustaka. Tersedia http://hpcartridgerefills.com/pengertian-evaluasi-pembelajaran-dalam-bab-kajian-pustaka/ [6 Februari 2011]
Arifin, Zaenal. Evaluasi
Pembelajaran. Tersedia http://file.upi.edu/Direktori/A%20-%20FIP/JUR.%20KURIKULUM%20DAN%20TEK.%20PENDIDIKAN/196105011986011%20-%20ZAINAL%20ARIFIN/Silabus%20Evaluasi%20Pembelajaran/SLIDE%20EVALUASI%20PEMBELAJARAN/SLIDE%20BARU.pdf
[6 Februari 2011]
Roro. 2009. Evaluasi
Pembelajaran. Tersedia http://sitimasrurohum.blogspot.com/2009/05/desain-robot.html [6 Februari 2011]
0 comments:
Post a Comment