TRANSLATE THIS BLOG

Tuesday, September 13, 2011

Evaluasi Pembelajaran


1.      Pengertian Evaluasi Pembelajaran
a.      Suatu proses atau kegiatan yang sistematis, berkelanjutan dan menyeluruh dalam rangka pengendalian, penjaminan dan penetapan kualitas (nilai dan arti) berbagai komponen pembelajaran berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu sebagai bentuk pertanggungjawaban guru dalam melaksanakan pembelajaran.
b.      Erman (2003:2) : penentuan kesesuaiaan antara tampilan siswa dengan tujuan pembelajaran.
c.       Grondlund dan Linn (1990) mengatakan bahwa evaluasi pembelajaran adalah suatu proses mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasi informasi secaras sistematik untuk menetapkan sejauh mana ketercapaian tujuan pembelajaran.
d.      Educational evaluation is the evaluation process of characterizing and appraising some aspect/s of an educational process.
e.       UU No.20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal 1 ayat 21  dijelaskan bahwa evaluasi pendidikan adalah kegiatan pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang, dan jenis pendidikan sebagai  bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan.
2.      Unsur-unsur dari sistem evaluasi pembelajaran
a.     Tujuan evaluasi
b.     Ada,objek evaluasi,
c.     Teknik evaluasi yang digunakan
d.     Bentuk dan jenis evaluasi yang digunakan
e.     Alat evaluasi dan kunci jawaban
f.      hasil evaluasi kuantitatif.
3.      Macam-macam evaluasi pembelajaran:
a.      Berdasarkan tujuan
·         Evaluasi Diagnostik adalah evaluasi yang ditujukan untuk menelaah kelemahan-kelemahan siswa beserta faktor-faktor penyebabnya.
·         Evaluasi Selektifadalah evaluasi yang digunakan untuk memilih siswa yang paling tepat sesuai dengan kriteria program kegiatan tertentu.
·         Evaluasi Penempatan adalah evaluasi yang digunakan untuk menempatkan siswa dalam program pendidikan tertentu yang sesuai dengan karakteristik siswa.
·         Evaluasi Formatif adalah evaluasi yang dilaksanakan untuk memperbaiki dan meningkatan proses belajar dan mengajar.
·         Evaluasi Sumatifadalah evaluasi yang dilakukan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa.
b.      Berdasarkan sasaran
·         Evaluasi Konteks adalah evaluasi yang ditujukan untuk mengukur konteks program baik mengenai rasional tujuan, latar belakang program, maupun kebutuhan-kebutuhan yang muncul dalam perencanaan.
·          Evaluasi Input adalah yang diarahkan untuk mengetahui input baik sumber daya maupun trategi yang digunakan untuk mencapai tujuan.
·          Evaluasi Proses adalah evaluasi yang ditujukan untuk melihat proses pelaksanaan, baik mengenai kelancaran proses, kesesuaian dengan rencana, faktor pendukung dan faktor hambatan yang muncul dalam proses pelaksanaan dan sejenisnya.
·         Evaluasi Hasil atau Produk adalah evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil program yang dicapai sebagai dasar untuk menentukan keputusan akhir, diperbaiki, dimodifikasi, ditingkatkan atau dihentikan.
·         Evaluasi Outcom atau Lulusan adalah evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil belajar siswa lebih lanjut, yakni evaluasi lulusan setelah terjun ke masyarakat.
c.       Berdasarkan lingkup kegiatan pembelajaran
·         Evaluasi program pembelajaran adalah evaluasi yang mencakup terhadap tujuan pembelajaran, isi program pembelajaran, strategi belajar mengajar, aspek-aspek program pembelajaran yang lain.
·         Evaluasi proses pembelajaran adalah evaluasi yang mencakup kesesuaian antara proses pembelajaran dengan garis-garis besar program pembelaran yang ditetapkan, kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran kemampuan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
·         Evaluasi hasil pembelajaran adalah evakuasi hasil belajar yang mencakup tingkat penguasaan siswa terhadap tujuan pembelajaran yang ditetapkan, baik umum maupun khusus, ditinjau dalam aspek kognitif, efektif, psikomotorik.
d.      Berdasarkan objek evaluasi
·         Evaluasi input: evaluasi terhadap siswa mencakup kemampuan kepribadian, sikap, keyakinan.
·         Evaluasi transformasi: evaluasi terhadap unsur-unsur transformasi proses pembelajaran antara laing materi, media, metode dan lain-lain.
·         Evaluasi output: evaluasi terhadap lulusan yang mengaju pada ketercapaian hasil pembelajaran.
e.       Berdasarkan subjek evaluasi
·         Evaluasi internal: evaluasi yang dilakukan oleh orang dalam sekolah sebagai evaluator, misalnya guru.
·         Evaluasi eksternal: evaluasi yang dilakukan oleh orang luar sekolah sebagai evaluator. Misalnya orang tua, masyarakat.

Sumber:
Admin web. 2010. Pengertian Evaluasi Pembelajaran dalam BAB Kajian Pustaka. Tersedia http://hpcartridgerefills.com/pengertian-evaluasi-pembelajaran-dalam-bab-kajian-pustaka/  [6 Februari 2011]
Roro. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Tersedia http://sitimasrurohum.blogspot.com/2009/05/desain-robot.html  [6 Februari 2011]

0 comments:

Post a Comment